Tags

,

Hal yang paling menakutkan bagi saya dalam hal foto-memfoto adalah hilangnya foto-foto yang sudah diambil. Baru-baru ini saya mengecek memory card dari kamera saya ke laptop. Awalnya waras. Semua foto tertampil, dan saya mengupload satu foto dari memory card itu ke akun instagram saya.

Find your way

Memory card tetap berada dalam laptop sampai saya akhiri sesi. Seingat saya, saya memang menginstall satu aplikasi pemindai foto dari Samsung Andoid, namun saya hentikan karena proses instalasinya terlalu lama. Keesokan harinya, ketika kembali mau mengecek foto-foto tersebut, saya kaget,karena tidak menemukan satu file fotopun di dalam. Hasil explore memory card-nya seperti ini:

MemCard Error

Saya panik. Karena di dalamnya sekitar 300-an foto hasil hunting selama liburan kemarin. Saya pikir memcardnya kena virus, namun saya scan berkali-kali bahkan sampai discan di PC kantor, tidak ada terdeteksi virus sama sekali. Ya sudah nasiblah…saya pikir apakah karena usia memcard-nya sendiri sudah hampir 5 tahun makanya seperti itu. Saya teringat dengan adanya software recovery file pada file-file yang sudah terhapus di hardisk. Kemudian setelah browsing, ketemu ada aplikasi berikut:

I Care Data recovery file

namanya I care Data recovery Professional. Dari software ini saya mencoba menemukan kembali file-file yang hilang. Prosesnya agak lama, karena total file yang discan sekitar 2-3 Gb.

Akhirnya..File ketemu! walau tidak lengkap semua, paling tidak beberapa file jepretan hasil tahan napas beberapa detik dapat terselamatkan. Terima kasih I care.

Pelajaran:

1. Beli mem card baru sebagai cadangan.

2. Jangan buru-buru memformat mem card bila menemukan kondisi di atas.

3. Segera backup foto-foto