Tags

Seberapa tahukah kita akan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia? Seberapa banyak saluran informasi yang tersedia untuk mengabarkannya pada kita? Pengalaman saya selama ini dalam mengunjungi tempat-tempat menarik, kebanyakan bersumber dari para traveller yang menulis kisah perjalanan mereka atau dari mereka langsung. Sebagai contoh, objek wisata pantai di Kiluan, Lampung, pertama kali saya dengar dari buku “Meraba Indonesia” Farid Gaban. Beberapa traveller menuliskan di blog mereka atau menerbitkan buku kisah perjalanan mereka. Tetapi itu masih jauh dari cukup. Coba lakukan survey sederhana di sekitar kita, teman-teman Anda lebih banyak tahu mana, tempat-tempat wisata di luar negeri atau dalam negeri?

Ketidaktahuan tersebut juga terjadi pada saya. Saya merasa masih minim nformasi dimana tempat-tempat yang patut dikunjungi di Indonesia negeri tercinta ini. Padahal, untuk tempat-tempat bagus di dunia, ada Orang-orang sampai begitu niatnya untuk membuat buku 1001 tempat di dunia yang harus Anda kunjungi sebelum Anda mati. Bagaimana 1000 tempat di Indonesia? Saya yakin ada. Cuma belum terkumpul.

Karena itu, ketika melihat foto Pulau Moyo di Harian Kompas 7/10/2012 ini, saya merasa senang seraya berkhayal bisa suatu saat berenang menikmati keindahan pantai ini. Daripada saya berlalu membacanya, lebih baik saya ‘tarik’ informasinya di sini, sebagai pengingat saya ketika suatu saat saya akan menulis tentang tempat ini kelak.