Tags

,


Saya pertama kali mengetahui istilah mind map dari buku “Quantum Learning” sekitar sepuluh tahun lalu. Ternyata metode ini digunakan di sekolah-sekolah sekarang. Konsep Mind Map ini ditemukan oleh Tony Buzan. Dengan konsep Mind Maps, kita dapat mengidentifikasi dengan dan mengerti suatu subjek dengan cepat. Selain itu, dengan Mind Maps, kita dapat mereview dan mengingat sebuah topik dengan cepat.

Mind Maps meletakkan satu pikiran utama sebagai “parent”, lalu membuat “child” sebagai turunannya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat sebagai berikut.

Sumber: http://www.mindtools.com/pages/article/newISS_01.htm

Menurut saya, ide mind map ini adalah untuk mendapatkan pengklasifikasian masalah. Point-point berkaitan dengan ide pokok digambar untuk memperoleh suatu pemahaman utuh. Saya sendiri masih mencoba-coba menggunakannya, baru coba satu sih. Masih butuh pembelajaran lebih lanjut
Saya cari softwarenya untuk menggambar Mind Maps ini, karena sulit menggambarnya kalau pakai Visio atau MS Powerpoint, akhirnya ketemu Free Mind Software, silakan diunduh untuk mencoba, freeware.