Tags

,

Saya ingin berbagi tips berinternet dengan murah. Sejak ada modem USB, aktivitas berinternet bisa dilakukan dimana saja. Tapi harga langganan internet dengan provider seperti Indosat atau Telkomsel, lumayan mahal. Saya melakukan survey kecil-kecilan di kantor, rata-rata teman-teman mengeluarkan 100.000 s.d. 150.000 sebulan.

Saya sendiri sebenarnya butuh USB Modem karena alasan bisa dibawa kemana-mana, kebutuhannya cuma baca email, dan browsing. Tidak seperti teman saya, jika masa waktu kartunya hampir habis dan kuotanya masih banyak, ia akan download film-film. Tau sendiri satu film minimal 700MB. Saya menggunakan modem Huawei yang dibeli second di situs jual beli kaskus. Harganya 250.000. Nah, starter packnya, saya menggunakan kartu Axis. Sebab, kalau pakai IM2 atau Telkomsel Flash, itu harga kartunya aja sudah 200.000. Kalau perdana Axis, paling 5000 perak. Selanjutnya, setting di menunya. 
Profile: Axis (Buat new profile)
number: *99#
username: axis
password: 123456
DNS Setting:dynamic
APN:axis
Sebelumnya, kita isi dulu pulsa axisnya. Masukkan dulu kartu axis tadi ke Hanpdphone, dan lakukan pengisian pulsa. Biasanya saya mengisi 25.000. Kemudian ketik di HP *123# tekan tombol Dial, selanjutnya pilih paket internetan. Biasanya saya milih bulanan 500MB-Rp24.900. Setelah ada notifikasi sukses dari Axis, baru masukkan kartu axis ke Modem.
Selanjutnya seperti biasa, pilih profile Axis. Connect ke jaringan, dan selamat berselancar. Pengalaman saya, kalau hanya buat browsing dan blogging, 500MB nggak habis sebulan. Kalau masalah cepat atau tidaknya, tergantung jaringan dan lokasi juga. Mudah-mudahan aja dekatan dengan BTS Axis. Suatu kali saya pernah online dari lantai 25, hasilnya lemot banget, lalu saya buat modemnya seperti di bawah, lumayan ada peningkatan kecepatan.

Selamat mencoba