Tags

Cerpen Minggu, 20 Februari 2011.  Oleh Bosman Batubara. Cerita ini tentang seorang pemuda yang bertemu dengan seorang gadis yang berasal dari Bratislava, Kroasia. Kebetulan atau karena takdir? mereka bertemu mulanya di sebuah tempat laundry. Kebersamaan mereka selama enam bulan diceritakan oleh penulis dalam cerpen ini. Tempat yang menjadi latar cerita ini di Leuven, Belgia. Dugaan saya, cerita ini bukanlah fiksi sesungguhnya karena ada unsur realnya. Pertama Penulis berkuliah di Katholieke Universiteit Leuven, sama dengan kampus yang diceritakan di Cerpen ini. Kedua, ketika dalam cerita mereka memasak tahu isi dan si penulis mengatakan bahwa ia meniru apa yang dilakukan oleh mbok-mbok di Jogja, jelas sekali karena ia dulunya lulusan UGM.  Ketika saya menelusuri blog penulisnya, ceritanya hampir mirip dengan yang ada di cerpen. Kembali ia mengatakan bahwa semester awal di sana sedang “hancur” dan ia mengikuti pesta wine ala Belgia.


Ide dasarnya menulis ini adalah karena putus dengan pacar. Hal itu sedikit mengganggu hidupnya dan ia menemukan sahabat pengganti. Bosman dengan susunan kalimat yang menarik, mampu membuat pembaca betah dengan penggambaran suasana yang dialaminya. Mungkin satu cerpen masih kurang baginya untuk menulis pengalaman baru yang berkesan baginya. Sebelum tahun 2010 berakhir, saya juga ngobrol dengan teman yang mengatakan bahwa ia baru putus dengan pacarnya yang sudah berhubungan lama (di atas 5 tahun) dan hal itu membuat moodnya terganggu dan berdampak  ke pekerjaan. 

Seandainya saya baca cerpen ini sebelum teman saya bercerita, lebih baik saya sarankan supaya ia menulis cerpen aja. Kali aja dimuat, trus honornya bisa buat senang-senang sejenak.  Memang suatu peristiwa bisa membuat orang terinspirasi, entah itu menulis di buku harian, menulis puisi, menulis surat. Sedangkan saya terinspirasi karena cuaca yang begitu gerahnya hari ini.Oooh…

Mungkin segelas es kelapa bisa menyegarkan….