baru saja mendapat berita baik dari status teman di facebook maupun dari kompas.com, bahwa salah satu bangunan di pasar petisah medan terbakar. peristiwa itu menewaskan sekitar 15 orang, dan diperkirakan masih ada korban yang belum terevakuasi. Memprihatinkan sekali, karena bencana kebakaran seharusnya semakin bisa dihindari jatuhnya korban jiwa yang banyak asalkan bangunan tersebut memenuhi standar-standar keselamatan.

tempat yang terbakar tersebut yaitu M Square, suatu tempat hiburan di kawasan petisah. bangunan yang banyak disana terutama pasar dan tempat-tempat hiburan. diduga penyebab kebakaran adalah hubungan arus pendek. korban yang tewas terutama terjebak di room-room karaoke. memang kalau kita lihat karaoke misalnya saja di jakarta seperti inul vizzta atau nav, pasti banyak room namun saya tidak pernah memerhatikan adanya tabung gas pemadam kebakaran atau tangga keluar darurat. biasanya di pintu depan kita akan disambut oleh meja kasir, selanjutnya jika kita sudah dapat bookingan, kita akan dipandu oleh petugas ke room yang dituju. pengalaman selama ini pun saya sendiri suka kesasar kalau mau ke toilet atau pulang dari toilet kembali ke room. saya bayangkan betapa paniknya ketika kejadian kebakaran seperti di medan itu, belum tentu pengunjung disana tau jalan keluar. mana ada tanda-tanda kemana kalau terjadi bencana seperti gempa atau kebakaran. akhirnya ya terjebak, menghirup asap, dan kemudian lemas.wuiih…..

makanya peringatan bagi kita, supaya jika masuk ke suatu ruangan yang baru pertama kali, kuasai medannya, kemana jalan keluar darurat. jujur sih, saya sendiri orang awam di bidang teknik sipil atau arsitektur sendiri menilai masih banyak bangunan kita yang nggak memedulikan faktor keselamatan dan keamanan. saya sendiri merasa senang ketika pindah hotel sewaktu di gorontalo, sebenarnya ada alasan lain kepindahan tersebut, namun saya senang karena hotel sebelumnya hanya punya satu pintu keluar-masuk. hanya itu! wuihh…syukurnya sih tidak ada kejadian apa-apa, namun kalau seperti kejadian di medan terjadi, siapa yang harusnya disalahkan??

**posting dini hari**