Imajinasi Bisa Mengurangi Rasa Sakit
Ilustrasi

Rabu, 14 Oktober 2009 | 09:25 WIB

KOMPAS.com – Rasa sakit di bagian perut pada anak-anak ternyata dapat dikurangi hanya dengan berimajinasi. Hasil penelitian dari tim peneliti di University of North Carolina dan Pusat Medis Duke University, AS, itu tertuang dalam jurnal Pediatrics dan dikutip situs BBC News, Senin (12/10).

Tim peneliti meminta anak-anak berimajinasi saat tengah berbaring di awan selama 20 menit. Hasilnya, anak-anak yang sedang sakit perut mengaku rasa sakitnya berkurang. Para peneliti menduga 1 dari 5 anak kerap mengalami sakit perut tanpa sebab yang jelas. Dalam penelitian ini, ada 15 dari 30 anak berusia 6-15 yang diberi compact disc (CD) berisi ”panduan imajinasi” dan digunakan selama delapan pekan, sedangkan sisanya mendapat perlakuan normal.

Hasilnya, 73,3 persen dari 15 anak yang diberi CD mengaku rasa sakit perut mereka jauh berkurang. Adapun hanya ada 26,7 persen dari 15 anak yang tidak diberi CD yang mengaku merasa rasa sakitnya berkurang. Dr Miranda van Tilburg yang memimpin tim peneliti itu menyebutkan, setidaknya anak-anak sekarang tahu cara mengurangi rasa sakit.

”Anak-anak mempunyai daya imajinasi yang lebih baik daripada orang dewasa,” ujarnya. Prof David Candy, konsultan kesehatan anak di RS Western Sussex, Inggris, mengaku kerap mengobati pasien dengan pengobatan ”hipnotis” dan terbukti berhasil, tetapi ia belum mencoba dengan perlakuan imajinasi. ”Sakit pada bagian perut ini sering dialami anak-anak sehingga mereka terpaksa tidak masuk sekolah,” ujarnya. (LUK)

Komen

saya juga pernah mengalaminya sewaktu anak-anak. merasa mual tanpa alasan yang jelas, sampai ke dokter segala, dan tidak ada penyelesaian. Akhirnya sembuh sendiri, apa dulunya saya berimajinasi yaa?