Pernah dengar kata arisan bukan? Ada salah satu film nasional yang berjudul arisan, walau saya sendiri belum pernah menontonnya. Apa yang ada di benak kita ketika mendengar arisan?
Pastinya berhubungan dengan orang banyak dan mendapat giliran. Giliran apa? ya giliran dapat uang arisan.

Saya terbayang kalau ada arisan di rumah. pastinya suasana rumah sibuk. Mulai dari belanja bahan makanan, ngangkat kursi keluar, gelarin tikar, masak, cuci piring, bersih-bersih dan sebagainya. udah lama tidak ngikutin lagi acara ini, apalagi udah jauh dari rumah, nggak pernah lagi terlibat dengan urusan2 ini. Ternyata setelah saya lihat sendiri (setela usia sekarang ini), urusan arisan bukanlah perkara gampang. Mungkin dulu sewaktu anak-anak tidak terlalu banyak mikirkan hal ini hal itu, namun rupanya..wuihh..serasa mau menyelenggarakan pesta kemerdekaan RI di istana negara.

Saya mendengar dan menyaksikan proses arisan yang dialami oleh kak Ita. Ia mengetahui giliran mendapat arisan di rumahnya sebulan sebelumnya. saat itu ia sudah memikirkan bagaimana meja, gorden, piring, gelas, dan perabot makan lainnya (maklum baru memasuki rumah). Belum lagi urusan masak. Harus kita tahu dari pengalaman arisan-arisan sebelumnya, siapa peserta arisan…bagaimana menunya selama ini…kira-kira apa yang harus kita buat supaya sang tamu puas dengan hidangan kita. Disini kendalanya. kalau di kampung, kita banyak saudara dan sanak famili. kebanyakan di kota tidak begitu, ketika uang bukan lagi constraint, itu bukan sulit. Bisa tinggal pesan catering, dan masakan pun beres. Bagimana kalau budget terbatas? itu juga harus dipikirkan bagaimana mengelola sumberdaya yang terbatas. Belum lagi menghadapi ucapan-ucapan sinis atau miring terkait makanan yang kita hidangkan, wuiih…bener-bener deh…arisan itu malah sungguh bikin makan hati saja.

seperti banyak di kota besar, banyak sekali organizer, seperti wedding organizer, event organizer, atau funeral organizer, mungkin terobosan baru kalau ada arisan organizer ya…konsepnya barangkali lebih santai dan informal namun tetep menarik, atau jangan2 sudah ada yang mengaplikasikan ide ini?? mantap. hehehe

anyway..sarana pertemuan informal seperti arisan ini sangat bagus. Itu adalah cara untuk kita dapat terus bersosisalisasi dengan lingkungan. mau tidak mau, kita pasti membutuhkan mereka suatu saat, demikian juga sebaliknya. Asal saja bukan arisan yang aneh-aneh….